6 Bahan Ini Pengganti Basil untuk Masakan 

Sabtu, 02 Juli 2022 | 23:01:43 WIB

Metroterkini.com - Daun basil segar termasuk bahan rempah yang sering digunakan dalam masakan Italia, seperti pasta, pizza, saus dan salad. Daun basil segar mempunyai berbagai macam pengganti, namun kamu perlu memikirkan tentang rasa dan tekstur makanan yang dibuat sebelum menggantinya. 

Pengganti basil segar dalam bahan salad dengan saus berbeda. Seperti daun basil dalam pesto dapat diganti dengan kale, sedangkan bayam bisa menjadi bahan pengganti dalam salad ala Italia. 

Simak enam bahan pengganti daun basil untuk masakan, dikutip dari laman Thekitchn.com, yang mudah didapat. 

1. Basil kering 

Basil kering dapat menjadi pengganti daun basil segar dan mudah dibeli di minimarket atau swalayan. Namun, kamu perlu memperhatikan kualitas basil kering sebelum memakainya, dengan cara menghirup aroma serta mencicipi basil kering, apakah masih beraroma harum. Sebelum mengganti daun basil segar dengan basil kering ukur terlebih dahulu, yaitu satu bagian kering untuk tiga bagian daun segar. 

Contohnya, jika resep makanan membutuhkan satu sendok makan daun basil segar maka kamu menggantinya dengan satu sendok teh basil kering. Basil kering dapat menjadi pangganti dalam resep makanan seperti muffin tomat. 

2. Bayam 

Bayam terutama baby spinach bisa menjadi pengganti daun basil segar dalam hidangan mentah, seperti salad pesto atau salad caprese (salad khas Italia). Bayam akan memberikan warna dan tekstur mirip daun basil segar, meskipun tidak mempunyai nuansa aromatik rempah. 

3. Peterseli 

Peterseli bisa dijadikan pengganti daun basil segar, dengan perbandingan 1:1 yang mudah didapat. Paterseli memiliki rasa yang berbeda, namun cocok jika menjadi pengganti daun basil dalam hidangan seperti ayam goreng parmesan. Peterseli tidak cocok jika dijadikan pengganti untuk daun basil sebagai bumbu utama, seperti hidangan saus krim orzotto jagung dan basil. 

4. Daun Ketumbar 

Daun ketumbar juga dapat digunakan sebagai pengganti daun basil, dalam masakan Thailand, daun ketumbar akan menambahkan rasa mint, lemon, dan merica. 

5. Kale 

Selanjutnya ada daun kale cocok dijadikan pengganti daun basil, bahan dalam pesto. Kale mempunyai warna hijau seperti daun basil dan rasanya nikmat dipadukan bersama keju, minyak zaitun, dan kacang juga. 

6. Oregano 

Oregano segar memiliki nuansa aromatik rempah mirip basil karena termasuk keluarga tumbuhan Lamiaceae. Oregano bekerja baik dalam hidangan Mediterania seperti salad roti paximadia ala Yunani. Oregana dapat menjadi pengganti basil segar dengan perbandingan porsi sama. [**]

Terkini